Perbedaan Fungsi pada Portrait dan Landscape

Salah satu hal yang paling penting dan mendasar untuk diketahui saat mengambil foto adalah orientasinya, yang mengacu pada tinggi dan lebar foto.

Orientasi gambar ini dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk tujuan foto, perangkat yang digunakan, konten yang ingin ditampilkan, dan aspek teknis lainnya.

Dua orientasi yang paling umum digunakan saat mengambil gambar adalah Portrait dan Landscape.

Apa Itu Portrait?

Portrait adalah fitur dalam foto yang membuat foto menjadi vertikal, yaitu tegak lurus atau memanjang dari atas ke bawah, membuat hasil foto ini sangat ideal untuk mengambil objek seperti model yang dipotret secara vertikal.

Salah satu bentuk foto portrait yang paling dominan cenderung menampilkan ekspresi subjek foto.

Apa Itu Landscape?

Landscape adalah kebalikan dari fungsi portrait dalam sebuah foto, jika portrait itu vertikal, landscape adalah horizontal atau lebar kesamping.

Nah, foto landscape sangat bagus untuk objek pemandangan atau memotret banyak orang atau sekelompok orang.

Hal ini sejalan dengan pengertian lanscape dalam KBBI, yaitu bentuk landscape yang tidak baku, yang merupakan penataan ruang di luar bangunan atau penataan ruang dalam kaitannya dengan pemandangan alam.

Oleh karena itu, lebih banyak objek akan muncul karena setiap bingkai telah digabungkan menjadi satu foto.

Perbedaan Foto Portrait dan Landscape

Perbedaan Fungsi pada Portrait dan Landscape
Ilustrasi portrait dan landscape

Portrait Foto adalah foto yang tingginya lebih panjang dari lebarnya, dan foto Landscape adalah foto yang lebarnya lebih panjang dari tingginya.

1. Orientasi

Dalam portrait orientasi yang diambil pada gambar adalah vertikal atau tinggi ke atas, dan dalam landscape, orientasi yang diambil pada gambar adalah lebar horizontal atau kesamping.

2. Kegunakan Pada Portrait & Landscape

Dalam portrait sangat cocok untuk mengambil foto satu orang, foto bertingkat tinggi, foto pemandangan yang luas, dll., sedangkan dalam landscape, sangat cocok untuk memotret objek di darat atau di lapangan yang luas atau foto grup orang dalam suatu acara yaitu foto bersama.

3. Cara Pengambilan Foto Yang Berbeda

Saat memotret foto portrait, kamera atau ponsel harus tegak, dan saat memotret dalam landscape, kamera atau ponsel harus dipegang datar.

Foto portrait adalah orientasi foto yang diambil secara vertikal atau mengacu pada pola orientasi di mana gambar, foto, lukisan, atau halaman diambil atau ditampilkan secara vertikal.

Ini berbeda dengan foto landscape, yang berorientasi horizontal atau mengacu pada orientasi di mana gambar, lukisan, atau halaman ditampilkan secara horizontal.