Contoh Pojok Baca Sederhana di Kelas

Apa itu pojok baca sederhana di kelas? Pojok baca atau sudut baca merupakan salah satu media yang digunakan untuk mengembangkan minat siswa dalam literasi di sekolah. Pojok baca adalah bagian dari ruang kelas dan disulap menjadi suasana berbeda di mana siswa dapat membaca dengan lebih nyaman dan meningkatkan kemampuan literasi mereka. Pembuatan pojok baca sangat bergantung pada kreativitas dan inovasi guru.

Kolaborasi antara wali kelas dan siswa diperlukan untuk membuat sudut tempat siswa membaca di kelas. Rak-rak buku di pojok baca dipenuhi dengan berbagai buku tentang pendidikan dan sains, dan serangkaian kutipan atau gambar menarik dirancang di dinding.

Di sekolah dasar, keberadaan pojok baca sangat penting. Di sini, guru harus berusaha semaksimal mungkin agar pojok baca berhasil menarik perhatian siswa, memungkinkan mereka untuk membaca dalam waktu yang lama dan betah di dalamnya.

Beberapa manfaat yang didapatkan saat membuat pojok baca di ruang kelas:

  • Menginspirasi siswa untuk lebih menyukai kegiatan membaca
  • Mendekatkan buku dengan siswa dan buat mereka lebih tertarik membaca
  • Membantu perpustakaan dalam memperkenalkan kebiasaan membaca
  • Menjadi bagian dari proses pembelajaran oleh guru

Lalu bagaimana cara membuat sudut baca yang baik dan benar? Pembuatan pojok baca membutuhkan kerjasama antara guru dan siswa, yang meliputi aspek desain, pengerjaan pagar, dinding, dan aksesoris tambahan yang menambah kesan ramai sudut baca.

Cara Pembuatan Pojok Baca

Membuat sudut baca harus menjadi kegiatan yang mengasyikkan antara guru dan siswa. Karena ini diproduksi di dalam kelas atau di luar, maka diperlukan peran serta semua pihak.

Pertama-tama kali ini akan dibentuk tim untuk membuat pojok baca, meliputi desain, aksesoris, penyediaan buku, pembuatan pagar, bangku dan alas lantai.

Pembuatan pagar

Untuk membuat pagar, Anda bisa menggunakan tali rafia yang dililit pernak pernik.

Kemudian letakkan tiang di setiap sudut yang sudah ditanami pot berisi semen. Atau bisa juga pagar yang terbuat dari kumpulan bambu atau kayu dan dicat. Namun, metode ini memakan waktu.

Cat Dinding

Anda juga dapat memberikan desain dinding interior, Anda dapat menempelkan origami dengan berbagai pola, membuat pohon literasi, menulis kutipan inspirasional, gambar pahlawan, dll.

Fasilitas baca

Nah disini Anda bisa menggunakan beberapa meja dan bangku atau bisa juga membaca lesehan. Siapkan juga rak buku.

Kemudian mintalah setiap siswa menyumbangkan sebuah buku ke pojok bacanya. Selain itu, Anda juga dapat meminta bantuan pihak sekolah atau orang tua siswa untuk menyediakan anggaran untuk pembelian buku-buku berkualitas.

Memelihara pojok baca

Terakhir adalah penggunaan sistem piket untuk menjaga kebersihan sudut baca. Jadi semua siswa memiliki tugas masing-masing untuk membersihkannya.

Untuk meningkatkan minat baca, guru harus memberikan tugas membaca dan merangkum materi dalam buku, sehingga siswa dapat menggunakan waktu luangnya untuk membaca di pojok baca yang nyaman.

Contoh Pojok Baca di Ruang Kelas

contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca
contoh pojok baca

Setiap kelas memiliki pojok baca, yang diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk meningkatkan budaya literasi dan membaca buku yang akhir-akhir ini mulai pudar. Guru juga harus mampu menciptakan ruang sudut baca yang kreatif dan menyenangkan untuk menarik perhatian siswa dan berlama-lama di dalamnya.

Semoga beberapa contoh pojok baca sederhana di kelas dapat dijadikan referensi dan inspirasi bagi teman-teman khususnya guru yang ingin membuatnya di dalam kelas. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silahkan tekan tombol bagikan dan bagikan ke teman-teman lain di media sosial, terima kasih!