Begini Cara Memasukkan Kartu ATM yang Benar

Bagi nasabah bank yang telah membuka atau membuat rekening tabungan, nantinya akan tersedia buku tabungan dan kartu ATM. Dengan dua fasilitas ini, nasabah akan dapat bertransaksi.

7 Posisi Kartu ATM yang Benar : BRI, BNI, BCA & Mandiri

Buku tabungan itu sendiri nantinya akan berfungsi sebagai catatan semua transaksi yang telah dilakukan dan digunakan oleh nasabah, baik yang dikredit maupun yang didebet. Kartu ATM adalah media transaksi di mesin ATM.

Transaksi yang berlangsung di ATM sendiri sangat beragam, seperti transfer, tarik tunai, setor tunai, cek saldo, transfer uang, pembayaran, pembelian, dan beberapa lainnya. Untuk melakukan transaksi melalui ATM, nasabah tidak perlu mengantri seperti saat datang ke kantor.

Namun terkadang nasabah BRI, BNI, BCA, Mandiri dan bank lain yang baru saja membuat rekening tabungan dan kartu ATM masih bingung cara menggunakannya di ATM. Apalagi kalau soal posisi kartu ATM yang benar.

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai posisi kartu ATM yang benar saat melakukan transaksi di ATM. Agar lebih jelas memahami letak kartu ATM yang benar, berikut ini akan dipaparkan selengkapnya.

Posisi Kartu ATM yang Benar

Penempatan kartu ATM yang benar memang menjadi salah satu kunci sukses agar transaksi ATM bisa berjalan lancar. Dengan cara ini, nasabah dan pengguna kartu ATM baru perlu mengetahui posisi kartu ATM yang benar.

Untuk menghindari kesalahan yang disebabkan oleh kartu ATM yang salah tempat, maka sebaiknya untuk memeriksa instruksi posisi kaartu ATM. Biasanya berupa gambar atau stiker di dekat slot kartu ATM.

Untuk posisi kartu ATM sendiri, bisa dibilang hampir semua bank menerapkan aturan yang sama mengenai posisi kartu ATM yang benar saat ingin bertransaksi di ATM. Dimana letak kartu ATM itu sendiri, seperti:

  • Garis hitam (Magnetic stripe) berada di posisi bawah.
  • Garis hitam (Magnetic stripe) berada disebelah kanan.
  • Logo bank di posisi atas di depan samping kanan.
  • Logo jenis jaringan di posisi atas di samping kiri.
  • Posisi kartu yang ada chip di atas dan bagian depan.

Namun bagaimana dengan pengguna baru yang masih belum mengetahui posisi pasti dari kartu ATM tersebut? Berikut akan disajikan selengkapnya melalui gambar berikut.

1. Posisi Kartu ATM BRI

7 Posisi Kartu ATM yang Benar : BRI, BNI, BCA & Mandiri

2. Posisi Kartu ATM BNI

7 Posisi Kartu ATM yang Benar : BRI, BNI, BCA & Mandiri

3. Posisi Kartu ATM BCA

7 Posisi Kartu ATM yang Benar : BRI, BNI, BCA & Mandiri

4. Posisi Kartu ATM Mandiri

7 Posisi Kartu ATM yang Benar : BRI, BNI, BCA & Mandiri

Jadi jangan sampai salah menaruh kartu ATM Anda saat memasukkannya agar transaksi Anda bisa berjalan lancar tanpa menghadapi kendala seperti atm menolak kartu atau bahkan menelan kartu ATM Anda.

Apa yang Terjadi Saat Posisi Kartu ATM Salah?

Selain mengetahui di mana posisi kartu ATM yang benar, Anda juga perlu mengetahui apa yang terjadi jika kartu ATM salah posisi saat memasukkan. Beberapa situasi dapat terjadi, seperti:

1. Mesin ATM Menolak

Ketika posisi kartu salah, ATM akan secara otomatis menolaknya. Dengan begitu, transaksi yang akan berlangsung seperti cek saldo, tarik tunai, transfer dan transaksi lainnya akan sedikit tertunda.

2. Gagal Transaksi

Selain penolakan, kartu ATM yang salah posisi juga dapat menyebabkan transaksi gagal. Biasanya, kartu dikeluarkan dari lubang akses kartu ATM lagi.

3. Kartu ATM Tertelan

Selain dua poin di atas, jika kartu ATM dalam posisi salah saat memasukkan kartu ATM, bisa saja kartu ATM tertelan ke dalam mesin ATM. Jika itu masalahnya, maka Anda hanya perlu memprosesnya di kantor cabang.

Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa Masuk Walaupun Posisi benar

Penyebab utama kartu ATM tidak bisa masuk ke ATM meskipun posisinya sudah benar, misalnya strip magnetik hitam pada kartu ATM rusak dan tergores. Namun bisa juga karena kartu ATM rusak atau kartu ATM sudah kadaluarsa dan sudah tidak berlaku lagi.

Mungkin hanya itu yang bisa ayoinvestasi.my.id sampaikan tentang posisi kartu ATM yang benar saat bertransaksi di mesin ATM. Dengan adanya informasi posisi kartu ATM diatas semoga dapat bermanfaat bagi semuanya, terutama bagi nasabah bank baru yang masih bingung saat melakukan transaksi pertama kali.