10 Tips Sukses Wawancara Kerja

Mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja adalah salah satu langkah untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda. Saat menghadapi wawancara kerja, kandidat harus mampu menampilkan diri dengan baik. Entah itu penampilan, ucapan atau sikap.

10 Tips Sukses Wawancara Kerja

Pelamar akan berhadapan langsung dengan perwakilan perusahaan yaitu HRD, atau bahkan pimpinan perusahaan. Wawancara kerja biasanya merupakan tahap akhir seleksi. Setelah wawancara, Anda akan menunggu untuk mengkonfirmasi apakah Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

1. Pelajari tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar

Cari tahu perusahaan apa yang Anda targetkan dan posisi apa yang Anda cari. Pewawancara ingin mengetahui berapa banyak informasi yang Anda miliki tentang segala sesuatu yang akan terlibat dalam pekerjaan Anda di masa depan. Anda dapat menemukan pengenalan dan deskripsi posisi yang Anda lamar di situs web resmi perusahaan.

2. Berlatih berbicara

Berlatih di cermin bagaimana berbicara dengan benar, dengan intonasi yang jelas, ekspresi yang benar, dan bahasa tubuh yang benar. Perhatikan pengucapan, pilihan kata, dan lakukan beberapa latihan wajah.

3. Siapkan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan

Pewawancara biasanya mengajukan beberapa pertanyaan. Misalnya, "Perkenalkan diri Anda?", "Mengapa Anda tertarik melamar ke perusahaan ini?", "Sebutkan kelemahan Anda? Dll. Jadi, jika pewawancara bertanya kepada Anda, siapkan jawaban Anda.

4. Menyiapkan penampilan terbaik

Kenakan pakaian yang tepat, riasan yang tepat, tas, sepatu, dan segala sesuatu yang mendukung penampilan Anda. Jika perusahaan membutuhkan pakaian khusus untuk wawancara, ikuti persyaratan itu.

Perhatikan juga hal-hal kecil dalam penampilan. Misalnya, kuku jari tangan, pakaian bersih, tidak ada bulu hewan peliharaan yang menempel pada pakaian, benang atau kancing yang lepas, dll.

5. Bersikap sopan dan hormat

Perlakukan orang-orang di sekitar Anda dengan sopan dan hormat. Dari petugas parkir, satpam, resepsionis hingga pewawancara. Jika Anda menunjukkan kesombongan sejak awal, itu mungkin minus bagi Anda.

6. Berlatih tenang

Usahakan untuk tetap tenang sebelum memasuki ruang wawancara. Ambil napas dalam-dalam, hembuskan perlahan, berdiri tegak, bahu ke belakang, percaya diri, fokus, dan lepaskan kecemasan. Dengan cara ini, Anda bisa fokus pada wawancara.

7. Tiba tepat waktu

Perhatikan baik-baik waktu dan lokasi wawancara. Jangan terlambat karena itu mencerminkan karakter Anda. Perhitungkan lamanya waktu yang Anda perlukan untuk melakukan perjalanan dan istirahatlah saat Anda tiba di lokasi wawancara.

8. Cara menjawab pertanyaan

Setelah berlatih berbicara, inilah saatnya untuk memutuskan tanggapan seperti apa yang akan Anda berikan kepada pewawancara. Ingat, wawancara itu singkat. Pada saat yang sama, Anda harus membuat kesan yang baik. Tanggapi secara langsung dan jelas, tanpa bertele-tele.

9. Bertanya

Setelah mendapatkan banyak pertanyaan dari pewawancara, jangan ragu untuk kembali dan menanyakan jika ada yang ingin Anda ketahui. Ajukan pertanyaan dengan sopan dan jelas.

10. Katakan terima kasih

Di akhir wawancara, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini. Tidak ada salahnya mengucapkan terima kasih sebelum mengucapkan selamat tinggal.