7 Cara Promosi Makanan di WA Agar Laris, Mudah dan Murah!

Bagaimana bisnis makanan Anda hari ini? Apakah Anda memaksimalkan berbagai saluran promosi? Namun, Anda perlu ingat bahwa promosi intensif diperlukan untuk lebih mengembangkan bisnis Anda.

7 Cara Promosi Makanan di WA Agar Laris, Mudah dan Murah!

Selain memanfaatkan media sosial, Anda sebenarnya bisa mengandalkan aplikasi chatting seperti WhatsApp atau WA. Jadi, apakah Anda tahu cara yang tepat untuk mempromosikan makanan di WA?

Bahkan, aplikasi yang biasa kita gunakan untuk mengirim pesan kepada kerabat bisa sangat efektif sebagai media promosi. Ya, jelas ada lebih banyak peluang untuk bisnis Anda berkembang dengan memasarkan makanan Anda ke teman-teman terdekat Anda.

Teman-teman Anda dapat menjadi pelanggan Anda dan kemudian berbagi bisnis makanan Anda dengan teman-teman Anda yang lain. Bisnis menjadi lebih menguntungkan, bukan?

Cari tahu bagaimana mempromosikan makanan di WA dapat memberikan berbagai manfaat bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis makanannya. Pertama, dengan menerapkan promosi tersebut, brand Anda bisa lebih dekat dengan konsumen. Saat Anda menggunakan promosi makanan di WhatsApp, Anda juga dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

Kedua, kemungkinan konversi lebih tinggi. Tentunya dengan menggunakan WhatsApp, pelanggan tidak akan takut menerima panggilan langsung seperti panggilan telepon. Menurut penelitian Leads360, menggunakan SMS WhatsApp untuk mempromosikan produk Anda berpotensi mencapai tingkat konversi penjualan 110%.

Ketiga, biaya yang sangat murah. Menggunakan WhatsApp untuk mempromosikan produk atau layanan Anda tentu tidak akan menghabiskan banyak biaya. Sebaliknya, yang Anda butuhkan hanyalah berlangganan internet.

Dengan biaya yang sangat murah dan potensi yang sangat besar untuk mendongkrak angka penjualan, menerapkan pendekatan promosi makanan di WA tentunya sangat mudah dan menjanjikan.

1. Mendata nomor WhatsApp para calon konsumen

Mengumpulkan data dan membuat database prospek sangat berguna untuk promosi digital bisnis Anda. Anda bisa memulainya dengan mempromosikan produk Anda kepada kerabat atau anggota keluarga terdekat Anda.

Anda juga dapat menggunakan grup WhatsApp terdekat sebagai tempat promosi. Anda tidak perlu melakukan ini terlalu sering agar tidak "putus", cukup lakukan interval yang konsisten sesekali.

2. Buat foto yang menarik

Menjual makanan adalah menjual rasa. Namun bagaimana cara Anda mengkomunikasikan atau menggambarkan cita rasa makanan yang akan Anda jual kepada konsumen melalui WhatsApp? Anda perlu memahami bahwa hal pertama yang dilihat dan dipertimbangkan konsumen saat membeli makanan Anda adalah foto makanan itu sendiri.

Jadi, tentunya calon konsumen akan lebih tertarik dengan makanan Anda jika foto makanannya menarik dan menggugah selera. Jika Anda dapat mengalokasikan sedikit anggaran, Anda dapat mempertimbangkan jasa fotografer makanan. Sekarang pun banyak lho food fotografer yang mematok harga cukup terjangkau.

3. Siapkan katalog

Saat foto produk sudah ada, tugas Anda adalah membuat katalog. Katalog akan memudahkan konsumen untuk melihat menu dan harga makanan yang Anda jual.

Berikan detail yang jelas tentang makanan yang Anda jual. Informasi ini dapat mencakup deskripsi, perubahan rasa, bahan mentah, metode penyimpanan, jumlah kalori, umur simpan, dan yang terpenting, harga makanan itu sendiri. Anda juga dapat menambahkan informasi tambahan jika diperlukan oleh klien Anda.

4. Gunakan kalimat promosi yang menarik

Bagi mereka yang baru memulai, Anda benar-benar perlu mempelajari ini. Pernyataan promosi yang menarik pasti akan menarik perhatian dan minat konsumen untuk mencoba atau setidaknya bertanya tentang produk Anda.

Contoh kalimat untuk menarik calon pelanggan antara lain:

  • Diskon 50% untuk semua produk hanya berlaku mulai hari ini hingga pukul 15:00 WIB. Yuk, pesan sekarang, selama persediaan masih ada!
  • Promo Beli 1 Gratis 1 Menu Standalone Spesial! Dapatkan hanya hari ini!
  • Hari terakhir! Beli di atas Rp 500.000 dan menangkan jackpot smartphone 5G!

Ini adalah contoh kalimat yang seolah-olah mendesak calon konsumen untuk segera membeli produk Anda karena masa promosinya sangat terbatas. Itu juga dapat "membujuk" calon pelanggan untuk membeli produk Anda.

5. Jangan lupa bangun keakraban

Padahal, WhatsApp adalah tempat kita mengobrol dengan kerabat dekat kita setiap hari. Oleh karena itu, materi promosi di WA harus soft sale. Jangan langsung mempromosikan produk Anda tanpa menyampaikan pesan pribadi.

Bentuk pesan yang dapat Anda kirim meliputi:

  • Hai (nama pelanggan), apa kabar? Sudahkah Anda makan siang hari ini? Kami telah menyiapkan menu spesial untuk Anda. Cek menunya di bawah ini ya.
  • Ingin mentraktir keluarga Anda dengan santapan lezat? Pesan menu kami sekarang. Dapatkan diskon khusus dengan pembelian minimal 2 paket.

6. Manfaatkan fitur-fitur WhatsApp

Anda dapat menggunakan banyak fitur Whatsapp untuk mempromosikan produk Anda. Salah satunya adalah WhatsApp Story, yang dengannya Anda dapat memposting produk Anda secara terus menerus tanpa khawatir mengganggu konsumen Anda.

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memberi tahu Anda kapan toko Anda buka dan tutup atau untuk memberikan informasi tentang proses pembuatan, dll.

7. Beda grup, beda cara promosi

Jika Anda ingin promosi Anda efektif, maka Anda perlu menyesuaikan pesan dengan kepribadian penerima pesan. Misalnya, jika Anda ingin menyiarkan ke sekelompok pria di RT, gunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa sehari-hari mereka.

Juga, jika Anda ingin mempromosikan ke kelompok belajar, Anda dapat menggunakan informasi agama sebelum mempromosikan produk Anda.