Tugas dan Tanggung Jawab Drafter Selain Menggambar

Drafter adalah profesi yang berhubungan dengan desain dan menggambar. Pekerjaan ini disebut juru gambar dan biasanya dikaitkan dengan arsitektur. Faktanya, tidak hanya itu yang dilakukan oleh orang-orang yang bekerja sebagai drafter.

Menurut berbagai portal lowongan kerja, karir ini digaji cukup lumayan lho. Tapi bagaimana dengan tanggung jawabnya. Anda akan menemukan semua jawabannya di artikel di bawah ini.

Pengertian drafter

ilustrasi drafter
Ilustrasi drafter. Foto: pexels.com

Drafter adalah profesi yang berhubungan dengan menggambar. Pekerjaan ini biasanya bertanggung jawab untuk menyiapkan gambar-gambar yang berhubungan dengan kerja teknik agar lebih mudah untuk membentuk objek gambar.

Selain itu, berbagai industri manufaktur sering membutuhkan orang yang bertanggung jawab atas bidang desain gambar. Misalnya bangunan sipil, desain mainan anak, mesin industri hingga pesawat terbang.

Jadi orang yang menjadi drafter sebenarnya menggambarkan aspek-aspek yang lebih detail dari apa yang dikerjakan seorang arsitektur. Dulu, profesi ini harus menggunakan alat seperti pulpen, kompas, penggaris, busur derajat, segitiga, dll untuk menggambar.

Namun seiring berkembangnya teknologi, mereka yang memilih profesi ini dapat menggunakan program AutoCAD plus, Sketchup, studio 3Ds Max, dll untuk melakukan semuanya.

Perbedaan arsitek dan drafter

Seorang arsitek

Ditugaskan untuk melakukan kegiatan perencanaan yang disesuaikan dengan data survei dan analisis kebutuhan yang diperoleh, yang kemudian digunakan sebagai konsep rancangan.

Perencanaan meliputi rencana arsitektur, rencana konstruksi/struktural, rencana mekanikal dan elektrikal, dll yang berisikan informasi bentuk, ukuran/dimensi, tata letak, termasuk jenis material yang dibutuhkan. 

Menyelesaikan pendidikan teknik sipil atau arsitek serta memiliki kompetensi dan sertifikasi dari lembaga resmi.

Seorang drafter

Bertanggung jawab untuk membantu arsitek dalam kegiatan perencanaan. Kegiatannya meliputi pembuatan gambar kerja, yaitu gambar detail gambar rencana/sketsa yang dibuat oleh arsitek. Gambar detail meliputi setiap detail rencana arsitektur, detail rencana arsitektur/struktural, dan detail rencana mekanikal dan elektrikal. Gambar-gambar detail tersebut nantinya akan menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan.

Tugas dan tanggung jawab

  • Rencanakan dekorasi interior seperti lampu dan wallpaper rumah sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Memberikan konsultasi berupa dekorasi ruangan, dan menentukan harga sesuai dengan kapasitas budget pelanggan.
  • Memberikan ruang yang nyaman setelah memahami selera dan gaya hidup orang yang akan tinggal.
  • Menawarkan material interior dengan cara yang lebih spesifik.
  • Mengontrol pelaksanaan dekorasi interior.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Pengetahuan Ilmu Desain Interior
  • Pengetahuan Ilmu Rancang Bangun (Arsitek)
  • Pengetahuan Ilmu Studi Perumahan
  • Kemampuan Gambar
  • Kemampuan Negosiasi
  • Penguasaan bahasa asing

Jenjang karir

Sebagai seorang drafter, jika Anda bekerja sebagai konsultan desain interior atau arsitek, Anda memiliki jenjang karir. Setiap jenjang karir memiliki pendapatannya masing-masing. Secara umum, jenjang karir drafter adalah:

Drafter junior. Drafter junior adalah drafter pemula yang biasanya tidak berurusan dengan klien mereka sendiri secara langsung, tetapi masih membutuhkan seseorang untuk menemani mereka. Kurang dari 4 tahun pengalaman junior drafter.

Drafter senior. Drafter berpengalaman. Bertanggung jawab untuk mencari pelanggan, dan langsung memegang pelanggan sendiri untuk mendesain.

Apa yang perlu Anda pelajari jika ingin mengejar karir ini adalah: desain interior, arsitektur, studi perumahan.

Kisaran gaji drafter

Menempatkan karir atau pekerjaan tentu saja gaji menjadi pertimbangan. Untuk itu, gaji drafter bervariasi dari Rp 3.900.000 hingga Rp 5.000.000 sesuai dengan berbagai lowongan pekerjaan, ketika mereka masih dalam tahap entri baru. Namun bisa juga ditelusuri kembali ke kebijakan perusahaan di masing-masing lokasi kerja atau lokasi.

Sementara menurut berbagai portal lowongan kerja, untuk tahap lanjutan, gaji Drafter biasanya mencapai di atas Rp10.000.000. Namun perlu diingat bahwa gaji atau masalah gaji setiap perusahaan akan sangat berbeda.